Cara memutihkan gigiCara memutihkan gigi

Perkenalan

Senyum yang cerah dengan gigi yang putih adalah impian banyak orang. Gigi yang putih tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri, tetapi juga memberikan kesan kesehatan dan kebersihan. Ada banyak cara untuk memutihkan gigi, tetapi tidak semua orang ingin mengandalkan produk kimia atau pergi ke dokter gigi untuk perawatan mahal. Untungnya, ada berbagai bahan alami yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami dan aman. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa bahan alami yang populer untuk memutihkan gigi dan cara menggunakan mereka. Ketahui juga mitos dan fakta mencabut gigi dapat berpotensi kematian dalam halaman ini agar menambah wawasan tentang resiko mencabut gigi.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda (Soda Kue)

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang paling sering digunakan untuk memutihkan gigi. Baking soda memiliki sifat abrasif lembut yang dapat membantu menghilangkan noda dan plak pada gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air hingga membentuk pasta, lalu menyikat gigi dengan pasta ini. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu sering, karena penggunaan berlebihan dapat merusak lapisan email gigi.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah bahan pemutih gigi alami yang efektif. Anda dapat menggunakan hidrogen peroksida yang dijual di toko obat atau toko kesehatan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan sejumlah kecil hidrogen peroksida dengan air dan berkumur-kumur dengan campuran ini selama beberapa detik. Pastikan untuk tidak menelan campuran ini.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami lain yang dapat membantu memutihkan gigi. Minyak kelapa mengandung asam laurat, yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Caranya adalah dengan melakukan “oil pulling,” yaitu mengunyah atau menggerakkan minyak kelapa di mulut selama 15-20 menit setiap hari. Ini membantu menghilangkan plak dan kotoran dari gigi.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung senyawa seperti limonene yang dapat membantu memutihkan gigi. Cara menggunakan kulit jeruk adalah dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk segar ke gigi Anda atau mencampurkan kulit jeruk yang sudah kering menjadi bubuk dan mencampurnya dengan pasta gigi Anda. Namun, gunakan dengan hati-hati, karena penggunaan berlebihan dapat merusak enamel gigi.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Garam

Garam adalah agen pemutih gigi alami lainnya yang bisa Anda coba. Campurkan sejumlah kecil garam dengan pasta gigi Anda dan sikat gigi Anda seperti biasa. Garam membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan garam terlalu kasar, karena dapat merusak enamel gigi jika digunakan secara berlebihan.

Kayu Manis

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinamaldehyde, yang memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu membersihkan gigi. Anda dapat mencampurkan sedikit kayu manis dengan pasta gigi Anda atau membuat pasta gigi alami dengan mencampurkan kayu manis dengan sedikit air. Sikat gigi Anda dengan campuran ini selama dua menit sebelum membilasnya.

Arang Aktif

Anda dapat menggunakan tablet arang aktif yang dihancurkan dan mencampurnya dengan pasta gigi Anda atau membuat pasta gigi arang aktif alami dengan mencampurkan arang aktif dengan sedikit air. Sikat gigi Anda dengan campuran ini dengan lembut.

Buah dan Sayuran Krispi

Buah dan sayuran seperti apel, wortel, dan seledri memiliki tekstur yang krispi dan mengandung air yang tinggi. Mengunyah makanan ini dapat membantu membersihkan gigi secara alami dengan menghilangkan noda dan plak. Selain itu, buah-buahan seperti stroberi dan nanas mengandung enzim yang dapat membantu memutihkan gigi.

Daun Mint

Daun mint atau daun sirih mengandung senyawa antibakteri alami yang dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda dapat mengunyah daun mint atau daun sirih segar setelah makan atau mencampurkan daun mint kering menjadi bubuk dan menggunakannya sebagai pasta gigi alami.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut catechin yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Anda dapat berkumur-kumur dengan teh hijau yang sudah dingin atau menempelkan kantong teh hijau basah pada gigi Anda selama beberapa menit setelah menyeduh teh.

Tips Tambahan

Selain menggunakan bahan alami di atas, berikut beberapa tips tambahan untuk memutihkan gigi secara alami:

  • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan noda seperti kopi, teh, dan anggur merah.
  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula.
  • Berkunjunglah ke dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan rutin.

Kesimpulannya, ada banyak bahan alami yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Namun, hasilnya mungkin tidak secepat atau seefektif perawatan profesional yang dilakukan oleh dokter gigi. Jika Anda memiliki noda atau perubahan warna gigi yang signifikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk perawatan yang sesuai. Tetapi dengan perawatan gigi yang baik dan penggunaan bahan alami ini, Anda dapat mencapai senyuman yang lebih cerah dan sehat secara alami.